Rabu, 25 Juli 2018

Sistem Refrigerasi ( materi 1 )

"Materi berikut hanya rangkuman poin² penting selama proses pembelajaran"

Pengertian Refrigerasi

Refrigerasi adalah suatu sistem yang memungkinkan untuk mengatur suhu sampai mencapai suhu di bawah suhu lingkungan. Penggunaan refrigerasi sangat dikenal pada sistem pendingin udara pada bangunan, transportasi, dan pengawetan suatu bahan makanan dan minuman. Penggunaan refrigerasi juga dapat ditemukan pada pabrik skala besar ( Wikipedia )

Secara singkat saya mengartikan : Suatu sistem pengambilan kalor yang lebih tinggi dari suatu benda atau juga ruangan, dari temperatur yang lebih tinggi menjadi lebih rendah

Pada prosesnya untuk mendapatkan suhu dari lebih tinggi menjadi lebih rendah di kenal dengan "proses pemindahan panas" yaitu :
"adalah salah satu dari displin ilmu teknik termal yang mempelajari cara menghasilkan panas, menggunakan panas, mengubah panas, dan menukarkan panas di antara sistem fisik. Perpindahan panas diklasifikasikan menjadi konduktivitas termal, konveksi termal, radiasi termal, dan perpindahan panas melalui perubahan fasa.( wikipedia )"

Mekanisme perpindahan panas :
  1. Konduksi
  2. Konveksi
  3. Radiasi
Faktor yang mempengaruhi perubahan suhu :
  • Perbedaan temperatur
  • Jenis material
  • Luas permukaan
Jenis - jenis panas / kalor
  1. Panas Sensible : Panas yang merubah suhu, tapi tidak merubah bentuk ( Air yang dipanasi hingga mendidih )
  2. Panas Laten : Panas yang merubah bentuk suatu benda, tapi tidak menambah suhu. ( Air yang dipanasi hingga 100°C dan berubah menjadi uap ).